August 8, 2022

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

4 Jurus Bisa Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Membeli Mobil Baru

Mobil kini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat yang ada di perkotaan. Namun seperti yang Anda ketahui, untuk membeli mobil dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, banyak orang yang memutuskan untuk mengajukan kredit guna mendapatkan daftar mobil baru yang sesuai impiannya.

 

Dalam mengajukan kredit untuk membeli mobil baru juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Terutama bagi Anda yang kondisi keuangannya masih kacau, perlu memperhatikan yang namanya uang muka, cicilan, dan tenor yang sanggup diambil. Bagaimana caranya kredit mobil baru dengan cicilan ringan?

4 Tips Kredit Mobil Baru Dengan Cicilan Ringan

Jika Anda memang memiliki keinginan kuat untuk kredit mobil, sebaiknya ikuti tips yang akan dijelaskan di bawah ini. Tujuannya agar calon debitur bisa mendapatkan platform pembiayaan yang memudahkan dan tidak membuat pengelolaan keuangan tiap bulannya menjadi berantakan.

·   Pilih Jenis Mobil yang Sesuai Dengan Kebutuhan Saja

Hal ini penting untuk dipertimbangkan calon debitur sebelum memutuskan untuk kredit mobil. Sebelum melakukan pembayaran DP atau uang muka kredit mobil, maka sebaiknya pertimbangkan masalah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

Perlu Anda ketahui, jenis mobil yang nantinya akan dibeli akan berpengaruh terhadap besarnya cicilan yang tiap bulannya akan dibayarkan. Sebagai bahan pertimbangan saja, calon debitur bisa memiliki jenis mobil city car untuk berkendara di area perkotaan karena bentuknya mungil.

 

Sedangkan bagi calon debitur yang membutuhkan mobil untuk ditumpangi sekeluarga, maka bisa memilih mobil jenis SUV atau MPV. Ukuran mobil MPV atau SUV setidaknya lebih besar sehingga muat untuk dinaiki banyak orang dan mampu memberikan rasa nyaman saat di perjalanan.

·   Pilih Tenor atau Jangka Waktu Cicilan Terpanjang

Setiap platform jual beli mobil umumnya memberikan tenor atau jangka waktu cicilan yang berbeda-beda. Untuk meringankan cicilan Anda tiap bulannya, maka pilih jangka waktu kredit yang paling panjang misalnya 5 tahun sampai dengan 8 tahun.

 

Mungkin banyak calon debitur yang belum mengetahui bahwa tenor yang panjang bisa memberikan keuntungan. Nah, salah satu keuntungan memilih jangka kredit panjang yaitu bisa mendapatkan cicilan mobil yang ringan tiap bulannya.

·   Manfaatkan Sistem Kredit Ballon Payment

Pada umumnya dalam sistem kredit standar, jumlah cicilan per bulannya akan dipatok sama sampai dengan akhir periode. Berbeda halnya dengan sistem kredit ballon payment karena bisa memungkinkan tiap penggunanya melakukan cicilan yang lebih kecil sampai akhir periode.

 

Dalam sistem kredit ballon payment biasanya cicilannya akan bernilai kecil pada tahun pertama, kemudian beban cicilannya akan diakumulasikan ke belakang. Hal ini tentunya bisa menjadi solusi bagi calon debitur yang ingin punya mobil baru dengan budget yang minim.

 

·   Memperbesar Pembayaran Uang Muka Awal

Jika mengacu dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPN, setiap lembaga pembiayan ataupun perbankan memang diwajibkan untuk mengenakan DP minimal 25% untuk kendaraan bermotor, sedangkan 30% untuk mobil atau kendaraan roda empat.

 

Dalam usaha mendapatkan cicilan yang lebih ringan tiap bulannya, maka Anda bisa memberikan DP atau uang muka besar pada tahap awal. Dengan uang muka besar, maka calon debitur tinggal melunasi sisanya dengan cicilan yang lebih ringan.

 

Dimana platform beli mobil baru yang terpercaya dengan cicilan ringan? SEVA jawabannya. Platform beli mobil online ini dilengkapi dengan fitur instant approval yang memudahkan tiap konsumen untuk membeli mobil sesuai dengan kekuatan finansialnya masing-masing. Wah menarik bukan?