November 28, 2021

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

5 Tips Agar Tak Tertipu Belanja Online

Agar tak tertipu dalam belanja ac split duct secara online, memang harus memperhatikan terlebih dulu kebenaran website yang menjual produk-produknya secara online. Apalagi melihat budaya berbelanja masyarakat, khususnya di kota-kota besar sudah mulai berpindah dari berbelanja secara konvensional ke cara yang lebih modern. Keuntungan berbelanja secara online umumnya, ialah tidak perlu untuk bepergian keluar ruangan, cukup bermodalkan gadget dan koneksi internet sudah bisa menjelajah toko-toko yang menjual produk secara online.

Produk-produk yang dijual secara online saat ini cukup beragam, mulai dari kebutuhan pangan, hingga pelengkap dekorasi rumah pun sudah ada yang menjualnya secara online. Namun kekurangannya, memang seseorang hanya dapat melihat barang yang akan dibelinya saja. Tidak dapat menyentuh bahan dari produk yang akan dibelinya.

Agar tak tertipu dalam melakukan belanja online, berikut beberapa hal yang dapat diterapkan antara lain :

  1. Pastikan penjualnya

Di website manapun Anda akan membeli produk secara online, pastikan penjualnya benar-benar ada dan bukan fiktif. Dengan memastikan penjual dan pastikan bisa ditemui sudah berpeluang besar transaksi yang dilakukan aman.

  1. Pastikan toko online yang terpercaya

Berbelanja online melalui internet tentunya melalui website belanja yang menawarkan produk-produk pilihannya yang menarik. Website yang menawarkan produk tersebut ada yang menawarkan barang baru dan juga bekas, hingga pembayaran langsung lewat toko online maupun membayar di tempat.

  1. Pilih metode belanja yang aman

COD atau dikenal dengan Cash On delivery, dimana pembeli dapat membayar pesanan barang yang dibelinya ketika barang sudah diterima di tangan pembeli. Sehingga kecil resiko akan ditipu. Atau dapat juga dengan transfer ke rekening bersama, sehingga penjual tidak akan menerima uang transaksi penjualan selama pembeli belum konfirmasi penerimaan barang.

  1. Pilih jasa ekspedisi yang baik

Dengan memilih ekspedisi yang baik, memastikan barang yang dibeli secara online akan utuh sampai ke tempat tujuan. Ini dikarenakan masih ada ekspedisi yang melempar barang pengiriman ke mobil karena ingin cepat dikirim.

  1. Diskusikan produk yang dibeli sebelum membayar

Langkah ini akan mengamankan pembeli dari resiko barang cacat, atau barang yang diinginkan tidak sesuai seperti yang diharapkan oleh pembeli.

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut sebelum melakukan pembelanjaan secara online, akan membuat aman dan tak tertipu berbelanja secara online di internet.