February 6, 2023

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Ketahui 4 Kriteria Konstruksi Bangunan Tahan Gempa

https://pixabay.com/id/photos/rumah-arsitektur-halaman-depan-1836070/

Gempa bumi adalah fenomena alam kerap terjadi di Indonesia. Bencana yang sering kali terjadi tanpa terduga ini, tak ayal membawa dampak kerusakan lingkungan, dan juga konstruksi bangunan rumah. Bahkan kerusakan yang ditimbulkan tak jarang membawa kerugian cukup besar bagi pemilik rumah. Maka dari itu, penting kiranya untuk membangun sebuah hunian yang kokoh dan kuat terhadap segala kemungkinan, termasuk diantaranya bencana alam gempa bumi.

3 Tingkatan Kerusakan Bangunan Rumah Akibat Gempa

Terdapat tiga tingkatan kerusakan konstruksi bangunan rumah akibat gempa yaitu :

1.             Tingkatan Kerusakan Rendah

Kerusakan rumah akibat gempa dikatakan dalam tingkatan rendah, apabila hunian masih tetap berdiri, namun terdapat sedikit cacat pada struktur bangunan seperti retak-retak. Bangunan pun masih bisa dimanfaatkan baik sebagian maupun seluruhnya.

2.             Tingkatan Kerusakan Sedang

Untuk tingkatan sedang, bangunan rumah masih berdiri, namun terdapat kerusakan pada beberapa komponen utama. Bangunan pun masih dapat diperbaiki, dan dapat difungsikan, kecuali pada bagian-bagian utama yang mengalami kerusakan tersebut.

3.             Tingkatan Kerusakan Berat

Untuk kerusakan dalam tingkatan berat, bangunan sudah tidak dapat diperbaiki dan difungsikan kembali, disebabkan karena roboh, miring, dan mayoritas komponen utama serta struktur penunjang yang mengalami kerusakan.

4 Kriteria Konstruksi Bangunan Tahan Gempa

Jadi, untuk membangun hunian yang kokoh, terutama terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi.

1.             Struktur Pondasi

Pondasi sebagai bagian terbawah bangunan, berfungsi menyanggah beban bangunan diatasnya, dan menyalurkannya ke bawah tanah. Pembangunan pondasi sebaiknya dilakukan di atas tanah yang keras dan stabil, dengan kedalaman kurang lebih 80 cm. Pondasi juga hendaknya terhubung dengan sloff atau sabuk pondasi, dan ditambahkan pasir sebagai peredam getaran gempa.

2.             Struktur Beton Dan Beton Bertulang

Pembangunan pondasi harus menggunakan struktur beton, yang terbuat dari campuran pasir, kerikil, air dan semen. Struktur beton harus diperhatikan agar sesuai dengan standar keamanan. Begitu pula dengan struktur beton bertulang yang tetap diusahakan, agar baja tulangan tahan lama dari kemungkinan berkarat dan rapuh.

3.             Bahan Bangunan Ringan

Untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan dan robohnya bangunan akibat gempa, maka sebaiknya bahan material yang digunakan memiliki bobot ringan. Bahan bangunan ringan, akan mengurangi dampak roboh dan kerusakan yang lebih besar pada hunian akibat getaran gempa, dibanding dengan bahan bangunan berbobot berat.

4.             Struktur Dan Denah Rumah Tidak Terlalu Kompleks

Struktur dan denah bangunan rumah, alangkah baiknya dibuat dengan sederhana dan simetris, agar tercapai ketahanan yang maksimal dari kemungkinan terjadinya gempa. Tinggi bangunan pun sebaiknya dibuat tidak melebihi empat kali lebar bangunan.

Kondisi geografis Indonesia, pada dasarnya sering menjadi penyebab terjadinya bencana alam khususnya gempa. Hal ini pun membawa dampak kerusakan yang cukup besar, terlebih bagi satu hunian tempat tinggal. Maka mau tak mau, wajib untuk tetap mempelajari bagaimana komponen, kriteria dan syarat untuk membangun hunian tahan gempa.

Termasuk diantaranya memastikan bahwa bahan bangunan yang digunakan, memiliki kualitas terbaik dalam mengantisipasi kerusakan akibat gempa. Menariknya, kini SCG CBM Indonesia menjadi jawaban terbaik, dalam memenuhi kebutuhan terkait bahan bangunan. Terlebih material yang dibutuhkan untuk membuat konstruksi bangunan tahan gempa, seperti semen, beton instan, beton bertulang, pasir dan lainnya. Jadi, temukan semua kebutuhan akan bahan bangunan terbaik, hanya di SCG CBM Indonesia melalui website resmi https://scgcbm.id/

 

Referensi :

https://www.smsperkasa.com/blog/konstruksi-bangunan-tahan-gempa

https://intakindo.or.id/berita/detail/mengenal-teknologi-konstruksi-bangunan-tahan-gempa

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/21/093200565/mengenali-struktur-dan-pondasi-bangunan-tahan-gempa-seperti-apa-?page=all

Bangunan Tahan Gempa pastinya punya 5 hal ini!

https://pp-presisi.co.id/hal-penting-ketika-membangun-konstruksi-bangunan-tahan-gempa

https://berita.99.co/bangunan-tahan-gempa/