May 21, 2022

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Memahami Asuransi Kecelakaan Diri dan Jenis-Jenisnya

Kasus kecelakaan kerja dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa mengenal batasan usia. Kecelakaan kerja ini sering kali berisiko menyebabkan kecacatan tubuh pada diri seseorang, hingga akhirnya orang tersebut kehilangan pekerjaannya. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan apabila pekerja telah memiliki asuransi kecelakaan diri.

 

 

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri merupakan produk pertanggungan yang akan menanggung pemilik polis dari risiko kecelakaan; baik saat sedang menjalankan hobi maupun ketika bekerja berupa cedera, cacat tubuh, hingga kematian.

Adapun jenis cedera atau cacat tubuh yang akan ditanggung ialah cacat tubuh atau disabilitas total, disabilitas sebagian, disabilitas sementara, dan disabilitas permanen.

 

Secara umum, asuransi kecelakaan diri terbagi dalam beberapa jenis berikut:

 

 

  1. Asuransi Kecelakaan Diri Individual

Jenis asuransi ini diperuntukkan bagi pekerja atau karyawan dari sebuah perusahaan yang tidak menyediakan asuransi kecelakaan kerja. Selain itu,  asuransi ini juga diperuntukkan bagi seseorang yang bekerja sendiri dan ingin mendapatkan perlindungan kecelakaan kerja.

 

Ketentuan besarnya premi yang harus dibayar juga manfaat dari asuransi ini sangat beragam, tergantung pada jenis perusahaan asuransi, jenis pekerjaan, juga letak wilayah nasabah. Biasanya, untuk manfaat asuransi yang lebih banyak, seseorang harus membayar premi yang lebih tinggi. Pada saat ini, sudah ada situs-situs yang dapat membantu dalam menghitung seberapa besar jumlah premi asuransi yang dibutuhkan seseorang.

 

  1. Asuransi Kecelakaan Diri Pengusaha

Asuransi ini umumya dimiliki oleh para pengusaha untuk menanggung risiko karyawannya apabila mereka mengalami kecelakaan kerja. Tentunya, apabila sebuah perusahaan sudah memiliki asuransi ini, karyawan tentu tidak lagi harus memiliki asuransi yang bersifat individual.

 

  1. Asuransi Kecelakaan Diri Biaya Overhead Bisnis

Asuransi kecelakaan diri biaya overhead adalah asuransi yang akan memberikan ganti rugi dari biaya overhead (semacam dana darurat) sebuah bisnis ketika pengguna asuransi tersbut menderita cacat akibat kecelakaan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari asuransi biaya overhead bisnis ini di antaranya pembayaran sewa, biaya leasing, biaya akunting dan layanan, gaji pegawai, pajak properti dan biaya bulanan lainnya.

 

  1. Asuransi Kecelakaan Diri Limit Tinggi

Asuransi jenis ini umumnya diterbitkan sebagai tambahan dari asuransi yang bersifat standar. Sebab, asuransi ini merupakan asuransi yang berfokus dalam menjaga manfaat yang didapatkan oleh pemilik polis yang mengalami cacat akibat kecelakaan agar tetap berada pada angka 65%, terlepas dari tingkat pendapatannya. Manfaat yang didapatkan  berkisar $2.000 hingga $100.000 per bulan.

 

Demikianlah ulasan tentang asuransi kecelakaan kerja serta beberapa jenisnya. Jika Anda memiliki risiko cukup tinggi atas kecelakaan, baik saat sedang bekerja maupun menjalankan hobi, tentunya, Anda harus membeli asuransi ini. Pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya, seperti FWD Insurance, misalnya.