October 5, 2022

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Mengenal Fitur Dalam Software Akuntansi

Di jaman sekarang, setiap bisnis disarankan untuk melakukan komputerisasi pada bisnisnya. Dengan komputerisasi bisnis diharapkan bisnis dapat tertata lebih rapi dalam hal manajemen kepegawaian dan juga transaksi keuangan.

Adapun, anda harus segera menggunakan cara cara tradisional yang kurang efektif dan juga kurang efisien dalam hal waktu. Anda lebih berfokus pada pengembangan dan juga pelebaran bisnis ketimbang mengurus hal-hal bersifat teknis dalam bisnis.

Nah, salah satu jenis komputerisasi bisnis yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan software akuntansi.

Software akuntansi akan memudahkan anda dalam hal pengelolaan transaksi keuangan. Dengan seperti itu karyawan tidak perlu repot-repot melakukan penghitungan ataupun pelaporan data keuangan secara manual.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang anda dapatkan ketika menggunakan software akuntansi bagi bisnis anda yang sedang berjalan

Fitur Dalam Software Akuntansi

  1. Laporan Keuangan

Fitur ini tentu saja adalah fitur yang paling penting dalam software akuntansi, bagaimanapun setiap bisnis membutuhkan laporan keuangan sebagai langkah pertanggung jawaban pada atasan perusahaan dan juga untuk mengetahui hasil laba rugi dari transaksi yang berjalan.

Dengan software akuntansi setiap data akan terekam secara otomatis, anda tidak perlu mencatat setiap transaksi secara manual di kertas ataupun media lainnya.

Adapun, jika anda membutuhkan data transaksi sewaktu waktu, anda bisa mengambil dan membukanya secara mudah dan juga cepat. Inilah salah satu keuntungan menggunakan software akuntansi, anda tidak rugi ketika menggunakannya.

  1. Fitur Pendukung Laporan Keuangan

Setiap software akuntansi biasanya memiliki fitur berupa laporan laba rugi, arus kas usaha, jurnal, buku besar dan juga fitur untuk perubahan modal.

Dengan fitur fitur tersebut, anda akan lebih mudah untuk mengetahui aliran transaksi dalam bisnis dan membaca datanya. Dengan data tersebut diharapkan anda bisa mengambil kesimpulan kesimpulan untuk keputusan bisnis di masa yang akan datang.

Adapun, untuk membaca data data tersebut tentunya anda harus memahami bidang akuntansi, setidaknya memahami fungsi fungsi akuntansi dasar.

  1. Pengaturan Utang dan Piutang

Salah satu hal yang sering terjadi dalam dunia usaha adalah penundaan pembayaran, baik dari pihak anda ke supplier ataupun pihak pelanggan ke pihak anda. Ini biasanya disebut utang dan piutang.

Dalam software akuntansi ada fitur yang akan mengatur masalah utang piutang. Didalamnya nanti akan bisa melihat berapa utang yang dimiliki dan berapa juga piutang yang dimiliki beserta tanggal jatuh tempo dari setiap pembayaran.

  1. Purchasing dan Budgeting

Menggunakan software akuntansi akan memudahkan anda ketika akan membuat sebuah faktur, nota pembelian dan juga dokumen dokumen lain untuk pengiriman pada pelanggan anda.

Dengan seperti itu, anda tidak harus membuat dokumen dokumen tersebut secara manual. Semua sudah tersedia templatenya dalam aplikasi, anda hanya tinggal menggunakannya.

Selain itu, ada fitur budgeting yang berguna untuk mengatur alokasi anggaran yang dimiliki oleh perusahaan. Nantinya anda bisa melihat berapa dana yang tersisa dan dana yang telah habis terpakai, ini bisa digunakan untuk penghitungan labar rugi sebuah usaha.

Itulah tadi beberapa fitur yang ada di software akuntansi. Tidak semua fitur kami tuliskan dalam artikel ini karena keterbatasan space.

Adapun, jika anda ingin menggunakan software akuntansi, kami merekomendasikan software Olsera untuk bisnis anda. Olsera memiliki fitur fitur canggih dalam bidang POS dan juga akuntansi. Jika anda tertarik dan ingin mencoba menggunakannya segera Daftar Sekarang ditautan berikut.