February 22, 2024

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Mengenal Tentang Sistem Hukum Indonesia Beserta Komponennya

Dalam suatu negara pastinya memiliki sitem hukum yang mengatur tentang hukum yang berlaku. Tentunya tidak semua negara memiliki sitem hukum yang sama, maka dari itu dimanapun anda berada harus mematuhi sistem hukum yang berlaku. Oleh sebab itu anda harus menyadari sistem hukum yang berlaku ketika pergi ke luar negeri.

Dengan begitu anda tidak akan mengalami masalah karena tidak melanggar sistem hukum yang diterapkan. Nah maka dari itu sebagai warga negara yang baik anda harus mengatahui apa yang dimaksud dengan sistem hukum. Kebetulan pada kesempatan kali ini Literasi Hukum Indonesia akan mengulas artikel mengemai sistem hukum Indonesia beserta komponennya.

Apa itu Sistem Hukum?

Sistem hukum sendiri merupakan sebuah sitilah yang terdiri dari dua kata yaitu antara sistem dan hukum. Sistem hukum tersebut memang dibangun dengan komponen yang saling berhubungan. Hal ini bertujuan agar mekanik fungsional antara satu dengan lainnya dapat mencapai tujuan.

Komponen Sistem Hukum

Pada dasarnya komponen hukum di setiap negara berbeda-beda. Dapat dikatakan bahwa komponen hukum mengandung berbagai pedoman dan asas dalam pembentukannya. Maka dari itu suatu sistem tidak akan bisa terlepas dari asas yang mendukungnya. Sebab setiap sistem hukum terdapat komponen yang memiliki ketergantungan yang saling terhubung. Berikut adalah beberapa komponen sistem hukum, meliputi :

Masyarakat Hukum

Masyarakat hukum adalah himpunan kesatuan hukum yang berlaku pada suatu negara, baik kelompok maupun individu. Masyarakat yang terikat pada suatu tempat ataupun daerah harus mematuhi hukum yang diterapkan oleh negara.

Konsep Hukum

Selain masyarakat hukum, anda juga perlu mengetahui tentang Konsep hukum yang dapat dikatakan sebagai suatu formulasi kebijaksanaan hukum yang kemudian ditetapkan oleh suatu masyarakat hukum.

Pembentukan Hukum

Pembentukan hukum bisa dikatakan sebagai proses yang dilakukan untuk membentuk sebuah sistem hukum, dimana pembentukan hukum tersebut melibatkan lembaga aparatur.

Ilmu Hukum

Ilmu hukum bisa dianggap sebagai media komunikasi pengembangan teori. Ilmu hukum tersebut dapat menjadi praktik untuk menemukan suatu teori dalam mengembangkan konsep dan desain hukum.

Sekian yang dapat dijelaskan dalam artikel ini mengenai pengertian sistem hukum beserta komponennya. Sementara untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai hukum, anda bisa membacanya di Kirim Tulisan Opini.