November 30, 2022

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Pengganti Nasi Ini Patut Kamu Coba Ketika Kamu sedang Diet!

Herbalife indonesia

Ketika sedang diet, pastinya kamu akan mengganti beberapa jenis makanan dan salah satunya ada nasi putih. Walaupun dalam keadaan diet, tapi kamu disarankan untuk tetap mengonsumi karbohidrat karena fungsi dari karbohidrat sendiri adalah sumber energi bagi tubuh. Selain itu, seimbangkan juga dengan asupan lainnya seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan serat. Apabila bosan dengan sajian buah dan sayuran yang itu-itu saja, bisa dicoba dengan membuat smoothie buah dan sayuran dan ditambahkan dengan asupan nutrisi dari Herbalife Indonesia yang pastinya akan membuat rasa dari smoothie lebih kaya dan lengkap nutrisinya.

Selain smoothie, tidak melulu nasi merah, ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa menggantikan nasi putih, loh! Kira-kira apa saja? Mari simak rangkumannya di dalam artikel ini.

  1. Shirataki

Bahan makanan yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku ini banyak dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi putih. Biasanya shirataki ini diberntuk menjadi mie dan bisa kamu gantikan mie dari tepung terigu sebagai bahan utama karbohidrat sehari-hari.

  1. Jagung

Ada juga jagung yang bisa kamu coba untuk menggantikan nasi putih ke dalam menu sehari-hari. Ternyata jagung sendiri kaya akan serat yang dapat membntu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Kentang

Siapa yang tidak tahu kentang? Biasanya kamu pasti mengonsumsi kentang goreng pada restoran cepat saji, namun ketika diet, kamu bisa mengukus kentang atau dijadikan mashed potato atau kentang tumbuk.

  1. Oatmeal atau Havermut

Jika kamu mengonsumsi ini, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan secara tidak langsung akan memengaruhi berat badan kamu.

  1. Ubi Jalar

Apabila kamu ingin mengonsumsi ubi jalar, dalam 100 gram ubi jalar terkandung kalori sebanyak 86 kkal dan protein sebanyak 1,6 gram.

  1. Quinoa

Selain yang sudah disebutkan di atas, quinoa juga jadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mengganti nasi putih. Quinoa mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Bulgur

Bulgur merupakan salah satu jenis gandum yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi untuk diet. Dari tekstur dan rasa, biji bulgur mirip dengan nasi.

  1. Kembang Kol

Tren mengganti nasi putih dengan kembang kol juga sudah pernah meledak beberapa waktu yang lalu. Caranya mudah, hanya dengan memarut bagian bunga lalu kukus atau rebus selama lima menit, sudah bisa kamu konsumsi bersama lauk lainnya.

Wah, ternyata tidak hanya nasi merah yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi putih dalam menu diet sehari-hari, namu 8 jenis sumber karbohidrat yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu selang-seling dengan lauk pauk yang rasanya juga tidak kalah nikmat apabila dipadukan dengan nasi putih. Selamat mencoba!

 

Sumber :

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/07/093200775/15-makanan-diet-pengganti-nasi-putih-ada-shirataki-dan-brokoli?page=all