May 21, 2022

Kay Seri Google Blog

Pencari Informasi Terkini

Yuk Kenali Apa Itu Kannabis atau Ganja – Senyawa yang Ada di Dalamnya!

Putau

Beberapa waktu yang lalu, beredar kabar mengenai salah seorang selebriti papan atas yang terkena masalah narkotika berjenis putau. Latar belakang yang menjadi alasan utamanya dalam mengonsumsi napza jenis ganja ini ialah untuk membantu penggunanya mengurangi stress.

Apa yang Dimaksud dengan Kannabis atau Ganja?

Pada dasarnya, jenis napza yang satu ini merupakan sebuah obat herbal yang terbuat dari daun, bunga, serta tunas tanaman cannabis sativa. Selain itu, penggunaan ganja biasanya dihisap layaknya mengonsumsi rokok. Pemanfaatan dengan benar kecil kemungkinan berdampak buruk pada tubuh penggunanya.

Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kannabis atau ganja merupakan salah satu zat narkotika yang bisa membuat penggunanya ketergantungan mental. Serta kecanduan secara fisik dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, mampu mempengaruhi perasaan dan panca indera.

Disamping itu, ganja juga bisa membuat penggunanya kecanduan terhadap zat tersebut. Serta, akibat adanya masalah penyalahgunaan napza ini mengakibatkan beberapa pemasaran obat ini dilarang oleh pemerintah Indonesia. Supaya mampu meneliti manfaar ganja dari pengobatan medis.

Senyawa Apa Saja yang Ada di Dalam Ganja?

Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya, menyatakan bahwa ganja berasal dari tanaman cannabis sativa. Selain itu, dia memiliki beberapa sebutan lain yaitu charas, grass, dope, pot, sinte dan masih banyak lagi. Sedangkan, efek yang muncul akibat adanya perilaku  tetrahidrokanabinol atau THC dan CBD.

  1. Senyawa Tetrahidrokanabinol

Tetrahidrokanabinol  merupakan salah satu zat psikotropika yang ada di dalam senyawa yang dimiliki oleh ganjal. Terlebih bagi mereka yang penggunakan senyawa ini dapat berpengaruh pada beberapa penampilan sendiri anda.

Tetrahidrokanabinol sendiri tidak mengandung satu atom nitrogen (N). Layaknya beberapa zat sempat ada di dalam kandungan tetrahidrokanabinol. Itu  merupakan sebuah dari gambaran aktif dari rumus atau senyawa kimia yang terkena rawat oleh tutor yang lainnya.

  1. Senyawa Cannabidiiol

Cannabidiol atau yang lebih sering dikenal dengan CBD. Hal ini merupakan senyawa kimia yang ada pada tanaman cannabis sativa, dengan kata lain Ganja. Ternyata, CBD mempunyai peran yang cukup penting di dunia kesehatan loh.

Penggunaan obat dengan menggunakan resep dokter, biasa dilakukan oleh sebagian besar kelompok orang yang mempunyai gangguan kecemasan, epilepsi, hingga skizofrenia. Akan tetapi, apabila konsumsinya asal-asalan dapat menimbulkan ketergantungan kepada konsumennya.

Jenis-Jenis Ganja

Pada dasarnya, terdapat tiga jenis ganja. Yaitu cannabis sativa, cannabis indica, serta cannabis ruderalis. Dari ketiga tipe tersebut, masing-masing mempunyai kandungan tetrahidrokanabinol tersendiri. Jadi, untuk dampak dari penyalahgunaanya mengarah pada gangguan fisik dan mental.

Penggunaan napza jenis ganja ini memiliki dampak yang sangat buruk pada tubuh setiap individu. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa ia mungkin berpengaruh pada mental dan fisik seseorang. Contoh pada segi fisik, bisa saja terkena kanker paru-paru sebab asap yang dihiru dari narkotika yang satu ini.

Sedangkan, dari segi psikis atau mental. Hal yang mungkin terjadi adalah, seseorang mempunyai daya ingat yang pendek. Terlalu sering berhalusinasi, membuat seseorang memiliki gangguan bipolar, munculnya rasa ingin bunuh diri, anxiety disorder, dan masih banyak lagi.

Kurang lebih itu tadi pemaparan yang dapat kami sajikan secara ringkat dan jelas tentang apa itu kannabis atau ganja. Yang juga disertai dengan beberapa penjelasan terkait kandungan zat (senyawa) yang ada dalam napza ini, sehingga bisa mempengaruhi mental dan fisik penggunanya.

Apabila sudah kecanduan hendaknya langsung rehabilitasi narkoba terdekat.